Tentang Program Studi D4 Teknik Elektronika

Gambaran Singkat Program Studi D4 Teknik Elektronika 

Program Studi D4 Teknik Elektronika merupakan salah satu Program Studi pada Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang. Untuk mengetahui profil Program Studi ini, perlu dijelaskan dari Induknya terlebih dahulu yaitu Politeknik Negeri Malang.

Politeknik Negeri Malang merupakan perguruan tinggi vokasi yang diarahkan pada kesiapan penerapan keahlian tertentu, yang menyelenggarakan pendidikan terapan dalam bidang khusus. Guna mencapai maksud tersebut, Politeknik Negeri Malang memberikan pengalaman belajar dan latihan yang memadai untuk pembentukan kemampuan profesional di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Untuk memenuhi kebutuhan Pembangunan Nasional terutama berkaitan dengan kebutuhan tenaga kerja bidang teknik berketerampilan tinggi dan siap pakai, maka pada era tahun 1970 dan 1980 didirikan lembaga pendidikan Politeknik. Pada awal pendiriannya, politeknik merupakan lembaga pendidikan tinggi jenjang diploma   III. Politeknik yang berfokus pada pengembangan penguasaan keahlian dan ketrampilan pada bidang-bidang tertentu. Setelah pendirian Politeknik Mekanika Swiss (PMS) pada tahun 1976, pada tahun 1982 didirikan 6 (enam) Politeknik perintis. Salah satu lembaga pendidikan politeknik yang didirikan adalah Politeknik Universitas Brawijaya.  Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 59 tahun 1982 tanggal 09 Februari 1982 menjadi landasan hukum pendirian 6 (enam) Politeknik tersebut.

Pada  awal  pendirian    tahun  1982,  Politeknik  Universitas Brawijaya hanya menyelenggarakan  jurusan-jurusan  bidang  rekayasa,  kemudian  dalam perkembangannya,  pada  tahun  1986  diselenggarakan  jurusan – jurusan bidang tataniaga.  Setelah  23  tahun (1982-2005)  menjadi  bagian  dari  Universitas Brawijaya, Politeknik Universitas  Brawijaya  berubah  menjadi  Politeknik  Negeri  Malang dengan berdasar pada Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 147/O/ 2004 tanggal 22 Nopember  2005  tentang  pendirian  Politeknik  Negeri  Malang. Dengan  demikian  Politeknik  Negeri Malang  menjadi  lembaga  yang  mandiri  dan terpisah  dari  Universitas  Brawijaya  yang  selama  ini menjadi perguruan tinggi induknya.

Prodi  D-IV Teknik Elektronika memperoleh akreditasi B (SK Pendirian Prodi Dirjen Dikti No 1522/D/T/2009). Setelah itu Prodi D-IV Teknik Elektronika mengalami pertumbuhan sumber daya manusia dan sarana prasarana secara pesat hingga saat ini.